Rabu, 11 Maret 2015

Isi Bahan Bakar Dulu



Post : Lina Triariani
(PENGETAHUAN)

                                 ISI BAHAN BAKAR DULU
 
Siapa bilang cuma kendaraan yang butuh isi bahan bakar?
Tubuh kita pun butuh diisi bahan bakar dulu sebelum bergerak.
Ayo ,segera ke meja makan dan makan. Itulah sumber bahan bakar tubuh kita.


     




 KEHABISAN BAHAN BAKAR

    Tahukah teman, saat bangun tidur, badan kita akan mulai “kehabisan bahan bakar”. Itu karena sepanjang tidur malam, tak ada makanan yang masuk. Bahan bakar itu adalah glukosa atau gula darah. Glukosa merupakan sumber energi otak. Kalau jumlahnya jauh menurun, kita mengalami hipoglikemia. Tanda –tandanya,gemetar, pusing, susah konsentrasi, dan lemas. Lalu bagaimana caranya supaya glukosa kita bisa normal lagi? Segera isi bahan bakar!
   
   

SARAPAN SUMBER BAHAN BAKAR
    Berapa kali teman-teman makan setiap hari? 3 kali. Betul! Makan utama memang 3 kali sehari. Yaitu pagi, siang, dan malam. Lalu, diluar itu, ada makanan selingan pagi dan selingan sore. Nah, yang terpenting dari ketiganya adalah sarapan sebelum berangkat sekolah!
    Sarapan inilah yang akan mengisi ulang “bahan bakar” glukosa dalam tubuh. Supaya, “mesin-mesin”tubuh bisa bergerak. Kalau “bahan bakar”sudah tersedia, teman-teman akan lebih konsentrasi belajar.

 





MENU SARAPAN
    Sarapan itu tidak perlu banyak tetapi jangan juga terlalu sedikit. Terlalu banyak, bisa membuatmu mengantuk dikelas. Kalau terlalu sedikit, bahan bakarmu tidak cukup.
    Sarapan juga jangan asal sarapan, lo! Kamu harus makan yang sehat dan bergizi. Sarapanmu harus mengandung karbohidrat, serat, protein, serta vitamin dan mineral. Contohnya, nasi, lauk, sayur, dan buah. Kalau mau ditambah susu juga boleh. Oiya ,nasi bisa diganti dengan karbohidrat lainnya.


Sumber : Majalah Bobo Tahun XLII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar