Selasa, 10 Maret 2015

SAINS

Post: Atika ayuningtias



Mungkin kita masih bertanya-tanya tentang sains, nah saya akan membahas beberapa



SIANG BERGANTI MALAM                        

 Bumi berputar mengelilingi matahari sehingga tidaksemua bagian bumi menerima cahaya matahari secara bersamaan. Perputaran itu menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permkaan bumi. Allah SWT Menciptakanbanyak manfaat dari pergantian siang dan malam.
                Apabila tidakada siang dan malam, satu sisi bumi terus kepanasan oleh sinar matahari sampai kering dan tadus. Sebaliknya, sisi lain dari bumi akan gelap terus-menerus. Hal itu menyebabkan terjadinya hawa dingin dan bumi akan diselimuti es.



MENGAPA DI LAUT ADA OMBAK ?

                Penyebab paling utama munculnya ombak adalah angin. Gelombang ombak yang terbentuk karena dorongan angin dikenal dengan nama gelombang angin. Penyebab berikutnya adalah gempa bumi atauletusan gunung berapi. Ombak tinggi yang terbentuk setelah peristiwa tersebut dinamakan tsunami.




MENGAPA KETIKA SORE HARI LANGIT BERWARNA MERAH ?


                Langit terlihat biru pada siang hari. Jika warna biru dan ungu dihamburkan pada siang hari dan pergerakan bumi terlihat semakin ke timur, saat senja menjelang justru warna-warna dengan frekuensi kecil, sepertimerah, jingga, dan kuning tetapbergerak lurus melewati atmosfer.

Akibatnya pada belahan bumi yang sebelah timur, orang sudah tidaklagi dapat melihat warna biru dan ungu karena sudah dihamburkan. Saat itu,orang pada belahanbui yang lebih timur hanya akan melihat “sisa” warna yang belum terhamburkan. Sisa warna yang masih ada adalah campuran antaramerah, jingga,dan kuning.itulah sebabnya mengapa langit tampak berwarna merah ketika sore hari.



MENGAPA BULAN TERLIHAT BERUBAH BENTUK PADA MALAM HARI ?
                Bulan bisa berbentuk sabit atau setengkah lingkaran. Bahkan, bulan terlihat seperti lingkaran utuh atau lebih kita kenal dengan bulan purnama. Kenapa, ya bisa begitu? Rupanya, penyebabnya adalah bulan tidak memiliki cahaya sendiri.

Cahaya yang kita lihat di bulan berasal dari sinar matahari. Nah, seiring dengan pergerkan bulan mengitari  bumi,maka bagian bulan yang tersorot oleh sinar matahari pun berubah-ubah. Untuk beberapa hari, bulan hanya tersorot sebagian kita melihat bentuk bulan setengah atau berbentuk sabit. Namun , di hari-hari tertentu, bulan tersorot seutuhnya sehingga klitamelihat bulan berbentuk lingkaran penuh.



KENAPA SIH GUNUNG BISA MELETUS ?

                Di dalam perut bumi,ada batu-batuan cair yang super panas yang disebut denan magma. Suhu magma diperkirakan lebih dari 1.000® C. magma berada dalamtekanan tinggi dan terkadang magma menyembur keluar akibat didorong oleh gas yang bertekanan tinggi. Magma menyembur keluar melalui pembukaan pembukaan gunung berapi. Inilah sebabnya mengapa gunung bisa meletus.

                Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava bisa mencapai 700-1.200® ada juga abu dan batu yang ikut terlempar dari dalam kawah. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18km atu lebih. Semntara itu,lavanya bisa membanjiri tempat sampai sejauh radius 90 km, terutama dengan aliran lain, seperti sungai.
Sumber : buku juz amma super

Tidak ada komentar:

Posting Komentar