Senin, 09 Maret 2015

CERPEN

Author/pengarang: Fitriana Nur Aisah
Happy Reading! No Copas! Typo ditanggung pembaca.. J

    

Namanya Aulia Az-Zahra, remaja berusia 17 tahun yang duduk di kelas 2 SMA ini termasuk anak yang lumayan cerdas, selalu berambisi untuk menjadi seorang pemimpin, namun sifatnya yang sombong dan jutek kerap kali membuat teman-teman sekelasnya muak.
****

         Saat itu jam istirahat tiba, semua murid berhamburan dari kelas dan menuju surga mereka alias kantin.
“Loh itukan tempat gue” ucap salah seorang gadis yang bukan lain adalah Aulia
“kenapa sih?” tanya Syifa sahabatnya
“itu loh, itukan meja kita kok di dudukin sama dia sih” ucap Aulia sambil menunjuk pada orang yang ia maksud.
Dengan cepat Aulia pun menghampiri orang tersebut,
“Woi ini meja gue kali” bentak Aulia
“yaa terus kenapa? Kan gue yang duduk duluan disini” ucap orang itu tak mau kalah. Dia adalah Ratu teman sekelas Aulia, namun hubungan dia dengan Aulia tidak pernah akur selalu saja ada persaingan diantara mereka
“bodo mau lu duluan kek belakangan kek gak peduli gue” ucap Aulia
“eh lo fikir ini meja nenek moyang lu” ucap Ratu
“tau, ini tempat umum kali siapa aja boleh duduk disini” ucap Kesya teman Ratu
“eh diem aja deh lo, pokoknya lo semua harus pergi dari sini, ini tuh meja gue sama Syifa”
“udahlah ul kita cari meja lain aja yuk, malu tau diliatin anak-anak berantem cuma gara-gara meja doang”
“apaan sih Syif lo tuh harusnya bantuin gue”
“tuh temen lo aja ngajakin cari tempat lain udah sana pergi” usir Ratu
“kok lo jadi nyolot sih, udah sana pindah pindah” ucap Aulia sambil mendorong tubuh Ratu
“Apaan sih elo tuh yang pergiii” ucap Ratu membalas dorongan Aulia dan akhirnya mereka saling mendorong satu sama lain aksi saling jambak rambut pun terjadi, beberapa pasang mata menyaksikan dengan tegang tanpa ada yang melerai.
        Seketika datanglah seorang pria kurus tinggi yang bukan lain adalah Aldo anak kelas 3 sekaligus kakak Ratu.
“ehh udah udah kalian apaan sih” ucap Aldo sambil melerai Aulia dan Ratu
“kak Aldo?” ucap Ratu
“kalian ini ada masalah apa sih?” tanya Aldo
“lo tanya aja tuh sama adek lo yang sok kecakepan itu” ucap Aulia
“apa sih, bukan aku kak, Aulia duluan tuh yang mulai” ucap Ratu
“kakak tanya sebenarnya kalian ada masalah apaa sampe berantem kaya gini? Untung aja gaada guru coba kalo ada pasti kalian dihukum, emang kalian gak malu apa berantem kaya anak kecil tau gak” ucap Aldo
“iya emang gue masih kaya anak kecil, terus masalahnya apa sama lo? Lagipula kalo adek lo gak duduk disini gue juga gak bakal berantem kok sama dia” ucap Aulia
“eh Aulia, lo kalo ngomong yang sopanan dikit kek dia tuh kakak kelas lo” ucap Ratu
“So? Gue harus manggil dia kakak gitu? Sudi banget sejak kapan dia jadi kakak gue… udah ah gue bete, gak kakak gak adek sama aja, sama-sama nyebelin” ucap Aulia lalu pergi sambil menarik tangan Syifa

            Di koridor sekolah Aulia tengah berjalan dengan Syifa, wajahnya masih amat kesal pada kejadian tadi. Tiba-tiba saja matanya seakan mengajaknya untuk melihat mading
“pemilihan anggota osis angkatan tahun 2015-2016” matanya terbelalak saat membaca isi pengumuman yang ada di mading
“hah? Pemilihan anggota  osis pokoknya gue harus nyalonin jadi ketua osis” ucap Aulia antusias
“lo mau nyalonin jadi ketua osis?” tanya Syifa
Aulia mengangguk semangat
“yakin lo bisa?”
“yakin dong, nama gue kan Aulia artinya pemimpin jadi ya gue itu udah di takdirin buat jadi pemimpin”
“hmm, iyadeh serah lo” ucap Syifa
“Hai Aulia, hai Syifa” seseorang menyapa mereka berdua. Seketika saja Aulia dan Syifa menoleh kebelakang
“Loh kak Aldo? Ada apa kak?” tanya Syifa
sedangkan Aulia hanya diam dan berpangku tangan, malas.
“gak ada apa-apa kok, kalian sendiri lagi ngapain disini?” tanya Aldo dengan ramahnya
“ini tadi kita lagi liat pengumuman di madding, katanya ada pemilihan anggota  osis baru ya kak?” ucap Syifa
“iyaa, kalian berminat?” tanya Aldo
“kalo aku sih enggak, tapi Aulia berminat tuh bahkan dia mau nyalonin jadi ketua osis” ucap Syifa
“oh ya? lo mau nyalonin jadi ketos ul?” tanya Aldo
“hmm” Aulia hanya berdehem
“ohh bagus dong kalo kaya gitu, oh iya gue cuma mau bilangin aja jadi pemimpin itu gak gampang harus bener-bener berjuang kalo emang mau kepilih” ucap Aldo
“udah tau kali” jawab Aulia dengan ketus
“tapi sebelum lo jadi pemimpin orang banyak lo juga harus bisa jadi pemimpin diri lo sendiri, yaudah kalo gitu gue duluan yaa. Good luck ul gue yakin lo pasti kepilih” ucap Aldo sambil tersenyum seraya pergi meninggalkan Aulia dan Syifa. Sedangkan Aulia sedikit heran dengan tingkah kak Aldo.
“Ish sok asik banget jadi orang” ucap Aulia
“Siapa?” tanya Syifa
“Itu Aldo” jawab Aulia
“Maksud dia kan baik ul”
“tapi dia tuh sok banget asik sama gue sok care pula deket juga engga”
Syifa hanya menggelengkan kepala melihat tingkah temannya yang satu ini, ia memang sudah terbiasa menghadapi sifat Aulia karena sejak kecil mereka sudah berteman.
****
      Saat-saat yang dinantikan akhirnya tiba juga, setelah beberapa hari menunggu inilah saatnya, bel pulang berbunyi mengajak semua siswa untuk pulang ke rumahnya masing-masing tapi tidak dengan Aulia dan beberapa murid yang lain untuk pemilihan anggota osis. Ya inilah saat nya! Saat-saat yang begitu mendebarkan bagi Aulia namun ia tetap percaya diri dan yakin kalo dirinya pasti bisa. Layaknya pemilihan anggota osis seperti biasanya para calon diharuskan menyebutkan visi dan misi mereka, ditanya beribu pertanyaan oleh kakak senior. Namun bagi Aulia ini adalah hal yang mudah secara otaknya yang cukup encer dan keterampilannya dalam berbicara membuatnya dapat menjawab pertanyaan yang berbelit-belit.
     Keesokan harinya Aulia berangkat sekolah seperti biasa, namun ada perasaan tak biasa dalam hatinya, sampai di sekolah ia langsung menuju mading.
“hah? Gue kepilih?? Jadi anggota osis? Yessss!” teriak Aulia begitu melihat madding
“tinggal selangkah lagi gue bakalan nyalonin jadi ketua osis” ucap Aulia
“Auliaa” seseorang memanggil Aulia, Aulia pun menoleh
“Syifa?”
‘loh kok dia sama Aldo sih’ ucap Aulia dalam hati
“hei, lagi ngapain sih??” tanya Syifa
“ini lagi  liat pengumuman yang kepilih jadi anggota osis” jawab Aulia
“oh ya? coba gue liat. Haah lo kepilih ul?” ucap Syifa
“iyaa, aduh gue seneng banget tau gak”
“ciee selamat yaa” ucap Syifa
“hehe, iya makasih”
“selamat yaa ul” ucap kak Aldo sambil mengulurkan tangannya
“iya” jawab Aulia singkat tanpa membalas uluran tangan kak Aldo
“udah kita ke kelas yuk Syif” ucap Aulia langsung menarik tangan Syifa dan meninggalkan kak Aldo
“anak itu…” ucap Kak Aldo

Setelah keberadaan mereka berdua telah jauh dari kak Aldo
“Aulia, lo apa-apaan sih? Lo tuh gak sopan tau” omel Syifa
“apaan sih Syif?” tanya Aulia heran
“itu tadi kan kak Aldo ngasih selamat ke elo bukannya dibales kek apa kek”
“loh tadi kan gue udah jawab iya, kurang apa lagi coba?”
“ya tapikan harusnya lo bales uluran tangan dia, ini malah main pergi aja”
“males ah, lagian lo ngapain sih segala bareng sama dia”
“loh emang kenapa? Gue binggung deh ul sama lo, kak Aldo kan baik banget sama lo kenapa lo benci juga?”
“gue gak benci, ya gue cuma males ajaa gue gabutuh orang kaya dia”
“yaampun ul, mau sampe kapan sih lo kaya gini terus? Mau sampe kapan lo terus-terusan bersifat sombong?” ucap Syifa
“gue udah capek ul sama sifat lo, angkuh, egois, gak ngehargain orang lain. Gue kira lo bakal berubah setelah SMA ternyata dugaan gue salah dari SD, SMP sampe sekarang sifat lo gapernah berubah. Pantes aja dari dulu yang mau temenan sama lo cuma gue doang, mungkin gue adalah orang bodoh karena mau temenan sama lo”
“Syifaa kok lo ngomongnya gitu sih?”
“biarin aja, gue udah capek ngikutin kemauan lo terus, gue juga udah capek ngasih nasihat ke elo tapi gapernah lo dengerin. Maaf ul untuk sekarang ini kayaknya kita gausah temenan dulu sampe lo bisa ngerubah sifat angkuh lo” ucap Syifa lalu pergi
 
Mata Aulia terbelalak ia tak percaya pada yang barusan Syifa katakan, ia tak menyangka sahabatnya akan semarah ini padanya. Hati kecilnya seakan merasa bersalah, namun sifat ego nya masih begitu besar.
“gamau temenan sama gue? Yaudah pergi aja sana gue juga gabutuh lo kok Syif, temen macem apa kaya gitu, liat aja gue juga bisa kok dapetin sahabat yang lebih dari lo” ucap Aulia dengan angkuhnya.
****
              Keesokan harinya Aulia berangkat ke sekolah seperti biasa, namun suasananya yang tak biasa. Kalau biasanya dia kemana-mana dengan Syifa sekarang dia kemana-mana sendiri selalu sendiri, sedangkan Syifa sepertinya ia sudah mendapat teman baru.
Siang itu, ia menyusuri koridor sekolah sendirian terkadang ia merasa kesal pada orang-orang di sekelilingnya yang sedang bergerombol  ia kesal karena tak ada satupun temannya yang mau mengajaknya bergabung dalam perbincangan mereka. Dari kejauhan ia melihat sahabatnya Syifa. Ya itu Syifa! Ternyata ia sudah mendapat teman baru, dari kejauhan Aulia menatap sahabatnya itu dengan penuh kekecewaan sekaligus sedih, ia kecewa melihat Syifa bisa lebih enjoy bersama sahabat-sahabat barunya. Mereka semakin mendekat, Aulia menjadi binggung sendiri ia tidak mau Syifa melihatnya dalam keadaan sendirian tanpa seorang teman sedangkan ia kini sudah memiliki teman baru. Dengan spontan Aulia langsung nimbrung pada segerombolan teman perempuannya yang sedang berbincang.
“eh gimana gimana?” ucap Aulia sambil menarik buku yang temannya pegang
Disitulah dengan tidak sengaja Syifa dkk berjalan melewati Aulia dkk. Saat itulah Aulia pura-pura menyibukkan dirinya dengan membaca buku yang tadi ia rebut, sedangkan Syifa hanya meliriknya, namun terbesit perasaan yang tidak mengenakan hatinya.
‘oh jadi Aulia udah punya temen baru, bagus deh kalo kaya gitu’ ucap Syifa dalam hati. Saat Syifa dkk sudah jauh dari keberadaan Aulia, Aulia menatapnya.
“Ihh apaan sih lo ul, jb jb aja” ucap salah seorang temannya lalu merebut kembali buku itu dari tangan Aulia
“udah yuk pergi” ucapnya pada temannya yang lain lalu pergi meninggalkan Aulia sendirian.
             Aulia menarik napas panjang, air matanya hampir saja jatuh namun ia terus menahan air mata itu. Berjalan mendekati bangku panjang di pinggir taman sekolah suasana yang begitu hijau nan asri sedikit membawa kedamaian dalam kesendirian. Seseorang mendekati Aulia dan duduk tepat disampingnya.
“sendirian aja?” ucap orang itu memulai perbincangan
Aulia hanya mengangguk tatapannya masih lurus kedepan, orang itu adalah kak Aldo orang yang selalu baik pada Aulia namun sikap Aulia selalu dingin padanya
 lagi marahan sama Syifa ya?” tanya kak Aldo
“iya” jawabnya
“lo tau gak, marahan sama orang itu gak boleh lebih dari tiga hari loh, udah berapa lama lo marahan sama Syifa?”
“tiga hari”
“tiga hari? Minta maaf gih”
“kenapa harus gue yang minta maaf? Kenapa gak dia aja?”
“karena orang yang minta maaf duluan itu berarti dia tipe orang yang memiliki jiwa besar. Lo kan calon ketos pasti lo punya jiwa yang besar kan ul?”
“ta-tapii……”
“tapi apa? lo gengsi minta maaf duluan?”
“gak”
“terus kenapa, gue anterin ke Syifa yuk”
“ahh engga engga”
“ayok gue temenin” sambil menarik tangan Aulia
“ihh gue bilang engga ya engga” ucap Aulia sambil melepaskan genggaman tangannya dari kak Aldo
“aww sakit, kasar banget sih lo jadi cewek” ucap kak Aldo
“eh so- sorry gue gak sengaja, mana yang sakit?”
“tapi boong, ahahahah”
“ihh nyebelin banget sih lu” ucap Aulia kesal sedangkan Aldo masih tertawa bahagia
“hahaha, muka lo lucu pas panik tadi” ucap kak Aldo
“ih ngeselin banget sih” ucap Aulia sambil menginjak kaki Aldo
“adohh, lu gila ya sakit tau”
“bodo, lagian lo ngapain sih ngurusin banget hidup orang. Ini tuh urusan gue sama Syifa, sok care lagi sama gue”
“ya justru karena gue care sama lo”
‘maksud dia apasih ngomong kaya gitu ke gue’ ucap Aulia dalam hati
“Eh udah yaa gue ke kelas duluan. Byee” ucap Aulia lalu pergi meninggalkan Aldo
****
            Angin malam menusuk tubuh, Aulia sedang berbaring di ranjang sambil menatap langit-langit kamarnya, ia mulai terbayang akan kejadian tadi siang juga kejadian-kejadian lucu yang telah ia lalui bersama Syifa.
“haaah Syifa kenapa sih lo marah sama gue, temen gapunya, sahabat apalagi, apa yang Syifa omongin itu bener yaa? Gaada yang mau temenan sama gue karena gue sombong, karena gue egois. Yaa mungkin gue harus berubah itupun kalo gue bisa” ucap Aulia
‘karena orang yang minta maaf duluan itu berarti dia tipe orang yang memiliki jiwa besar. Lo kan calon ketos pasti lo punya jiwa yang besar kan ul?’ kata-kata itu terbesit dalam pikiran Aulia.
“Aldo, sebenernya dia baik ganteng lagi, tapi kenapa gue benci banget ya sama dia, kayaknya kalo ngeliat dia bawaannya jadi kesel rasanya pengen marah gitu padahalkan dia gapunya salah apa-apa sama gue, Aldo Aldoo”
 
****
     
Seperti kemarin saat istirahat tiba Aulia tengah duduk di bangku taman sekolah, sendirian. Seseorang mengampiri dan menyapanya.
“hei”
Aulia menoleh pada orang tersebut, saat tahu siapa yang ada di sampingnya ia memutar bola matanya.
“Lo lagi lo lagi” ucap Aulia
“kenapa?”
“gapapa, bosen aja dari kemaren yang muncul lo lagi lo lagi”
“sebenarnya gue kesini cuma mau ngasih ini aja kok” ucap kak Aldo sambil menyodorkan sebuah undangan
“apaan nih?” tanya Aulia seraya mengambil undangan itu
“undangan pesta ulang tahunnya Ratu, nanti malem jam 7”
“serius nih gue diundang?”
“iya”
“tapi kok lo yang ngasih? Kenapa gak langsung Ratu aja yang ngasih?”
“eng.. ya gapapa gue cuma mau bantuin dia aja, yaudah kalo gitu gue duluan ya. Bye”
    
            Malam harinya Aulia menyempatkan diri datang ke pesta ulang tahunnya Ratu, sebenarnya ia malas namun ia mencoba untuk merubah sikapnya ia mencoba untuk lebih menghargai orang lain.
“Ratu aneh deh masa pesta ulang tahunnya temanya witch gini, ribet tau bajunya kepanjangan”
            Sesmpainya di rumah Ratu, Aulia pun kaget saat ia melihat para tamu undangan mengenakan pakaian serba berwarna putih, sedangkan dirinya?? Pakaian serba hitam panjang besrta topi konyolnya. Sontak orang-orang yang ada disana pun tertawa geli melihat pakaian yang Aulia kenakan. Ia malu sekaligus kesal. Disana juga ada Syifa dan kak Aldo mereka menatap Aulia dengan penuh keheranan. Langsung saja Ratu dkk menghampiri Aulia tanpa rasa bersalah.
“omg, ada penyihir dari mana nih? Hahaha” ucap Kesya
“penyihir dari gua hantu kali tuh, ahahaha” ledek Dhilla
“yaampun Aulia, lo ngapain pake baju kaya gini? Emang lo gatau kalo dresscodenya putih? Apa lo gapunya baju lagi sampe harus pake baju kayak gini?”
“loh tapikan lo sendiri yang nulis di undangan kalo dresscodenya hitam terus temanya witch“
“elo kali yang salah baca buktinya yang lain pake dress sama jas warna putih!”
Kak Aldo pun menghampiri mereka sedangkan Syifa hanya menatapnya dari kejauhan.
“ada apaan sih?” tanya kak Aldo
“oh jadi gue ngerti sekarang, jadi ini semua tuh rencana lo kan Ratu, lo sengaja nulis di undangan yang lo kasih ke gue kalo dresscodenya hitam dan temanya witch sedangkan dresscodenya putih dan lo sekongkol sama Aldo, makanya yang ngasih undangan ke gue Aldo bukan lo. Iya kan?!”
“iya, emang kenapa? Lo gasuka?”
“Ratu kamu apa-apaan sih” ucap kak Aldo
“apasih kak orang kaya dia tuh pantesnya di permaluin kaya gini, sifatnya itu udah buat orang-orang sebel sama dia, bahkan sahabat sendiri nya aja juga sebel sama dia”
“kenapa sih kok lo tega permaluin gue kaya gini? Padahal gue udah nyempetin waktu buat dateng kesini, karena seharusnya malam ini tuh gue harus nyiapin semua keperluan buat pemilihan calon ketos besok tapi gue berusaha dateng kan? Karena apa? Karena gue mau berubah, gue berusaha buat ngehargain lo dan kak Aldo, tapi apa yang gue dapet? Gue malah dipermaluin kaya gini. Buat lo Aldo gue fikir lo baik ternyata lo sama aja sama adek lo” ucap Aulia seraya pergi dengan mata yang berkaca-kaca
“Auliaa tunggu” panggil kak Aldo lalu mengejarnya
Saat keberadaannya sudah agak jauh dari rumah Ratu, akhirnya kak Aldo dapat mencapai pergelangan tangannya.
“Aulia tungggu!”
“apa lagi sih? Belum cukup buat gue malu?”
“pliss lo dengerin gue dulu ya, gue minta maaf atas omongan Ratu tadi, gue sama sekali gak tau kalo Ratu itu ngerencanain ini semua gue bener-bener gak tau jadi pliss lo jangan marah sama gue ya”
“tapi kenapa lo yang ngasih undangannya ke gue? Kenapa bukan Ratu?”
“gue cuma dimintain tolong aja sama Ratu, buat ngasih undangannya ke elo dan gue ngasih bukan cuma ke elo doang. Pliss lo maafin gue ya, maafin Ratu juga
“taudeh gue binggung”
“ayolah maafin gue yaa” pinta kak Aldo
“gak tau ah, udah gue mau pulang”
“lo mau pulang naik apa?”
“naik taksi lah”
“mending gue anterin pulang aja yuk, bahaya lo naik taksi sendirian malem-malem lagi”
“gak mau”
“ayolah emangnya lo gak takut gitu?”
‘iya juga sih bahaya kalo malem-malem naik taksi sendirian, udah gitu gue kan cewek’
“hmm yaudah deh”
Senyumnya mengembang mendengar jawaban dari Aulia “yaudah lo tunggu sini dulu ya, gue ambil mobil dulu”
Aulia menganggukan kepalanya.

        Akhirnya sampai juga di depan rumah Aulia, ia pun turun.
“makasih ya do, udah mau nganterin gue”
“iya, samasama”
“maaf gabisa ngajak masuk, di rumah lagi gaada orang”
“emang orang tua lo kemana?”
“kalo jam segini biasanya papa masih di jalan pulang , kalo mama mama udah gaada”
“engg sorry gue gak bermaksud-“
“iya gapapa kok, yaudah kalo gitu gue masuk duluan, lo hati-hati ya”
“hah? Oh iya iya”
“yaudah byee” ucap Aulia seraya berjalan masuk ke dalam rumahnya
“bye”
Aldo mulai mengendarai mobilnya, ia berbicara dan bertanya-tanya sendiri pada dirinya.
“gue gak salah denger kan? seorang Aulia bilang hati-hati ke gue? Ckck
eh tapi tadi dia bilang mamanya udah gaada, berarti selama ini dia kesepian dong haah Aulia Aulia”
****             Pagi ini menjadi pagi yang begitu menegangkan bagi Aulia, sebagai calon ketua osis yang sudah masuk dalam posisi 3 besar ia harus berpidato di depan semua teman-temannya, dimana 90% dari mereka adalah orang-orang yang kesal padanya atas sifat-sifatnya selama ini, namun ia tetap percaya diri dan atas semangat kak Aldo yang begitu besar membuat rasa percaya dirinya semakin bertambah. Tapi Syifa ia tidak ada disini untuk memberikan semangat pada Aulia, pagi ini pun Aulia belum melihat batang hidungnya.
            Saatnya tiba, Aulia berpidato dengan begitu lancarnya, namun saat berpidato beberapa pasang matanya menatapnya dengan tajam, namun ia tidak menghiraukan akan hal itu. Sorak-sorai dan tepuk tangan dari para murid begitu riuh saat satu persatu calon ketua osis tampil untuk berpidato. Seusai pidato para murid diharuskan memilih mana yang ingin ia jadikan sebagai ketua osis dengan mencoblos kertas nama para calon yang sudah disediakan dan mengumpulkannya pada kotak suara.
“Do kira-kira gue bisa gak ya, jadi ketua osis?
“lo harus yakin sama diri lo sendiri” jawab Aldo
“tapikan anak-anak pada sebel sama gue, apa mereka bakal milih gue?”
“mereka itukan udah gede, pasti mereka bisa milih mana yang terbaik buat dijadiin ketua osis, jadi yaa intinya lo optimis aja”
“iyaa deh”
 “yaudah kalo gitu gue ke ruang osis dulu yaa, mau ngitung hasil suara, gue sih berharap elo yang kepilih” ucap kaka Aldo
“Aamin, makasih ya” ucap Aulia seraya tersenyum pada kak Aldo
         Setelah menunggu kurang lebih 1 jam, akhirnya diumumkan juga. Pengumuman siapa yang terpilih menjadi ketua osis, Aldo selaku ketua osis pun mulai naik ke atas mimbar dan dengan lantang mengumumkan.
“Selamat siang semuanyaa” sapa kak Aldo
“siang” jawab anak-anak serempak yang sedang berkumpul
“Disini saya selaku ketua osis mau mengumumkan hasil dari demokrasi kecil kita tadi, sebelum itu mari kita panggilkan ketiga calon ketua osis kita untuk menempati tempat yang sudah disediakan. Baik langsung saja saya panggilkan yang pertama Muhammad Difa Ryansyah dari kelas XIA IPS, calon ketos yang kedua ini dari kelas XIA IPA langsung saja kita panggilkan Aulia Az-Zahra, calon ketos yang terakhir dari kelas XIB IPA   Nayla Salsabila. Give applause dong buat ketiga calon ketua osis kita ini”
                Dengan serempk murid-murid bertepuk tangan.
“Okee, saya tau kalian ini kan udah dewasa pasti kalian udah bisa milih mana yang bagus dan mana yang engga, saya harap sih kalian milih gak cuma berdasarkan ganteng/cantik, popular/ engga tapi disini kita mencari calon ketua osis terbaik dari yang baik. Yaudah daripada penasaran mending langsung aja ya kita umumin”
“yang menjadi ketua osis SMA Cahaya Abadi angkatan tahun 2015-2016 adalahhhh…”
semua murid begitu terlihat tegang, begitupun dengan ketiga calon ketua osis mereka pun sibuk berdoa.
“selamat kepada Aulia Az-Zahra” ucap kak Aldo dengan lantang. Sontak membuat mata Aulia terbelalak mulutnya menganga selebar-selebarnya., Aulia benar-benar tak percaya
“ dengan jumlah suara 75%, Difa mendapat jumlah suara 15% dan Nayla 10%”
Tepuk tangan dari para murid membuat suasana begitu riuh
“untuk Aulia dipersilahkan untuk naik ke atas mimbar” ucap kak Aldo
Dengan pasti Aulia mulai melangkahkan kakinya berjalan mendekati mimbar.
“selamat siang teman-teman” sapa Aulia
“gue gak tau mau bilang apa, yang jelas gue bersyukur banget bisa kepilih jadi ketua osis, gue ganyangka. Makasih buat temen-temen yang udah milih gue, gue kira kalian gak bakal milih gue karena sikap gue selama ini, ternyata gue salah. Gue juga mau minta maaf atas sikap gue ke kalian selama ini maaf atas ke angkuhan gue, gue juga mau jadi orang yang menghargai orang lain karena gue baru tau ternyata rasanya gak dihargain itu sakit. Maaf kalo selama ini gue selalu mengabaikan kalian, selalu menganggap kalian rendah dan selalu merasa kalo gue tuh yang paling hebat. Tapi ternyata enggak gue sadar akan hal itu bahwa gue cuma manusia bodoh yang gak sempurna. Dan gue janji gue bakal ngerubah sikap gue dan gue juga janji bakal jadi ketua osis yang bertanggung jawab. Sekali lagi makasih” ucap Aulia
Beberapa patah kata yang disampaikan oleh Aulia itu membuat rasa sebel teman-temannya berkurang, mereka menjadi yakin kalo Aulia akan berubah tepuk tangan pun membuat suasana disini menjadi pecah setelah Aulia turun dari mimbar sejumlah teman-temannya mengerubutinya untuk memberikan ucapan selamat.
“selamat ya ul”
“selamat yaaa Aulia”
“iya, makasihh”

****
            Setelah acara demokrasi itu selesai, seperti biasa Aulia engah duduk di bangku taman sekolah.
“Auliaa” panggil seseorang dan duduk tepat disampingnya
“Eh elo”
“selamat ya lo udah kepilih jadi ketua osis, tapi inget harus tetep jadi orang yang rendah hati” ucap kak Aldo
“Iyaa, makasih ya kak Aldo”
“tunggu, lo panggil gue apa tadi?”
“kak Aldo, maaf ya selama ini gue kurang ajar sama lo dengan manggil nama lo tanpa sebutan kakak padahalkan lo kan kakak kelas gue”
“iya gapapa kok, itu kan cuma sebutan mau lo panggil Aldo doang kek, kak Aldo kek, gak masalah buat gue asalkan jangan panggil mba Aldo yaa”
“hah? Ahaha ya engga lah, eh tapi seru juga kayaknya kalo gue manggilnya mba Aldo, mba Aldoo”
“ish jangan laah, cowok maco gini masa dibilang mba sih”
“maco? Mantan cowok dong ahaha”
“hah? Engga lah engga, enak aja lo”
“haha, ya abisnya lo sendiri kan yang bilang maco”
            Saat mereka tengah asyik bercanda seseorang memangilnya.
“Aulia”
Aulia pun menoleh pada orang tersebut
“Syi-Syifa?” ucap Aulia langsung berdiri
“selamat ya ul akhirnya lo kepilih jadi ketua osis” ucap Syifa seraya memeluk erat Aulia
“makasih ya Syif” keduanya melepaskan pelukannya
“Syifa, maafin gue ya maaf atas semua sikap gue ke elo selama ini”
“gapapa kok ul udah gue maafin, maafin gue juga ya atas sikap gue waktu itu sebenernya gue gak beneran marah kok sama lo ya gue cuma pura-pura aja, gue cuma pengen lo berubah ul”
“gue kira lo bener-bener marah dan benci sama gue, jujur gue gak bisa kalo gak ada lo Syif”
“gak lah mana mungkin gue benci sama lo”
“oh iya gue baru nyadar, kok lo pake baju bebas Syif emang seragam lo kemana”
“Aulia, makasih ya selama ini lo udah mau jadi sahabat gue, maaf gue gak bilang dulu sama lo sebenarnya gue mau pindah ke Aceh, orangtua gue beli rumah disana dan gue juga harus pindah sekolah”
“lo boongkan Syif?”
“maaf ul, tapi gue gak boong”
Matanya mulai berkaca-kaca
“jadi lo mau ninggalin gue?”
“iya, sorry ul. Lo gak marah kan?”
“iya gue ngerti kok, gue gak ngelarang lo buat pergi tapi gue bakal marah banget sama lo kalo lo lupain gue”
“iyaa gue janji, gak mungkin gue lupa sama sahabat gue yang jelek ini” ucap Syifa mencubit hidung Aulia
“aww sakit”
“ciee jadi udah baikan nih?” ucap kak Aldo
“hehe, udah dong” jawab Aulia
“kak Aldo, aku titip Aulia yaa, kalo dia nakal cubit aja idungnya”
“Ahaha sip”
“apaan sih engga engga, emang gue barang dititip-titipin” protes Aulia
****
Kepergian Syifa begitu cepat, tapi Aulia merasa senang karena dapat mengantar sahabatnya sampai bandara. Sudah beberapa hari Aulia melakukan aktivitasnya seperti biasa sebenarnya dalam lubuk hatinya yang paling dalam ia sangat sedih akan kepergian sahabatnya namun ia berusaha untuk ikhlas menghadapi semua kenyataan ini. Kini Aulia tidak sendirian, kini banyak yang mau berteman dengannnya, karena dia sudah benar-benar berubah menjadi orang yang lebih baik. Sosok Aldo pun tak pernah hilang, kini mereka berdua menjadi semakin akrab namun dalam lubuk hati mereka masing-masing, mereka memiliki rasa, namun keduanya tak mau saling mengumbar rasa itu. Cukup dengan bersikap apa adanya dan berjalan sesuai alurnya. Itu telah menjadi sesuatu hal yang lebih indah~~


TAMAT

Ambil positifnya, negatifnya buang aja ke laut,OKEY?? =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar